Artikel LEATHER CASE

Keringkan Ponsel Basah dengan Beras, Aman?

Pernahkah ponselmu terkena air? Misalnya, terguyur hujan atau tercebur ke dalam air. Kekhawatiran bahwa perangkat bisa saja rusak pun melanda. Pertolongan pertama yang dapat dilakukan hanyalah mematikan ponsel dan melepas baterainya. Tapi, hal itu bisa diterapkan jika baterainya berjenis lepasan atau biasa disebut removable battery. 


Setelah itu, ponsel pun diusahakan agar segera kering. Banyak cara yang digunakan pengguna, seperti mengelap dengan kain atau mengangin-anginkannya sampai benar-benar kering. Namun, banyak juga yang menempuh cara memendam ponsel dalam sekantong beras. Ya, beras disebut dapat membuat ponsel mudah kering.


Apakah kamu termasuk orang yang pernah merendam ponsel yang basah dalam sekantong beras? Dilansir dari Lifewire, memasukkan ponsel dalam beras justru terbilang tidak aman. Sebab, butiran beras bisa saja masuk ke dalam ponsel. Bukannya membuat ponsel cepat kering, butiran beras justru bisa membahayakan.


Selain beras, benda lain yang berbahaya jika digunakan untuk mengeringkan ponsel adalah hair dryer, oven, atau bahkan microwave. Kamu tentu tidak ingin merusak ponsel dengan memanaskannya, bukan?


Lalu, bagaimana cara mengeringkannya? Tepuk ponsel dengan handuk secara perlahan, kemudian letakkan di atas tisu. Tempatkan ponsel di tempat yang aman.


Sebagai solusi lain, kamu juga bisa memanfaatkan butiran-butiran silica gel. Silica gel berguna untuk menyerap kelembapan air dalam udara. Caranya, siapkan wadah kedap udara dan silica gel di dalamnya. Masukkan ponsel yang telah dilepas casing dan baterainya ke dalam silica gel. Tutup rapat wadah dan diamkan beberapa jam. Tunggu hingga kering.

BAGIKAN :